fbpx

Dalam berbisnis, setiap pelaku bisnis tentu akan melakukan berbagai cara untuk meningkatkan penjualan demi memperoleh pendapatan yang meningkat pula. Ada banyak cara yang bisa dilakukan sebagai cara meningkatkan penjualan, mulai dari penerapan strategi tertentu hingga memanfaatkan biaya seefisien mungkin, tetapi mampu menghasilkan pendapatan maksimal.  Biaya bisnis yang rendah bukan alasan untuk tidak dapat meningkatkan penjualan. Banyak pelaku bisnis yang memulai usaha dengan dana rendah, namun mampu meningkatkan penjualan secara bertahap. Bagaimana caranya? Simak tips berikut ini!

Tingkatkan Penjualan melalui Pelanggan

Salah satu langkah mudah untuk membantu meningkatkan penjualan bisnis Anda yaitu dengan menjadikan pelanggan sebagai orang yang akan membantu mempromosikan produk kepada orang lain. Buatlah pelanggan Anda melakukan promosi tanpa harus Anda memintanya secara langsung. Bagaimana caranya? Berikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, berikan produk kualitas terbaik dengan jaminan, dan membuat pelanggan tidak akan berpindah ke pesaing.

Dengan demikian, pelanggan yang menikmati produk Anda dengan kualitas yang baik tersebut secara tidak langsung akan memperkenalkan produk yang digunakan kepada orang-orang disekitarnya. Jika mereka juga membeli produk yang Anda jual, maka secara tidak langsung mereka juga akan melakukan hal yang sama seperti pelanggan Anda sebelumnya. Hal inilah yang secara berkesinambungan akan meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Perhatikan Perilaku Pelanggan dan Tawarkan Sesuai Kebutuhan

Tak hanya sibuk memasarkan dan menjual produk Anda kepada konsumen, Anda juga perlu peka terhadap perilaku konsumen, khususnya pelanggan Anda. Ketika pelanggan telah membeli atau menggunakan produk Anda, lihat dan pahami apa yang mereka lakukan terhadap produk Anda. Hal apa yang membuat pelanggan tertarik terhadap produk yang Anda jual. Lakukan pendekatan tersebut terhadap pelanggan. Mulailah dari pelanggan terdekat Anda, misalnya orang yang Anda kenal.

Jika Anda telah mengetahui apa yang disukai pelanggan dari produk Anda, tawarkan hal baru lagi kepada pelanggan sesuai apa yang mereka sukai. Dengan demikian pelanggan akan lebih tertarik karena merasa membutuhkan produk tersebut. Bagaimana mengenali perilaku pelanggan secara luas? Akan sulit jika Anda melakukan pendekatan personal satu per satu kepada pelanggan Anda.

Namun, Anda bisa melakukan pendekatan dan memperhatikan perilaku pelanggan melalui sosial media. Penting bagi Anda membuat sosial media yang bisa menjembatani Anda dan pelanggan. Dengan demikian, Anda dapat memantau pelanggan melalui sosial media terhadap aktivitas yang mereka lakukan dengan produk yang telah mereka beli. Bagian mana atau hal apa yang membuat mereka tertarik dan sangat membutuhkan? Hal inilah yang bisa membantu Anda meningkatkan penjualan dengan memenuhi kebutuhan mereka.

Melakukan Promosi

Tidak dapat dipungkiri bahwa melakukan promosi secara langsung adalah faktor yang kuat untuk meningkatkan penjualan. Artinya, cara meningkatkan omset penjualan yang tepat adalah melakukan promosi produk yang tepat pula kepada masyarakat. Dengan melakukan promosi, pelanggan akan semakin mengenal produk Anda dan keunggulan yang Anda tawarkan. Hal tersebut akan membuat mereka ikut mempromosikan produk Anda kepada rekan-rekannya. Dengan demikian, produk Anda akan dijangkau banyak orang.

Promosi bisa dilakukan secara langsung maupun melalui internet. Saat ini banyak media yang bisa digunakan sebagai sarana promosi. Mulai dari iklan digital, website/blog, hingga media sosial. Banyak pelaku bisnis yang kini lebih banyak menggunakan media sosial sebagai media memasarkan produk bisnis dan meningkatkan pendapatan. Promosi secara digital terbilang cukup hemat pengeluaran, daripada menggunakan iklan fisik berupa brosur atau spanduk.

Edit Konten Blog

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengedit atau memperbaiki konten pada blog atau media sosial. Buatlah konten semenarik mungkin, dengan penawaran terbaik sehingga dapat meningkatkan peminat pelanggan dan konsumen baru untuk membeli produk bisnis Anda. Cara ini termasuk cara meningkatkan penjualan online secara sederhana, namun bisa berefek luar biasa pada penjualan perusahaan Anda.

Buatlah Paket dengan Produk Serupa

Berikan penawaran terbaik yang menguntungkan bagi perusahaan Anda maupun kepada pelanggan Anda. Salah satu caranya yaitu dengan menyiapkan paket penjualan dengan kumpulan produk yang serupa. Kumpulan beberapa produk barang yang Anda jual, pastikan produk tersebut memiliki fungsi serupa atau merek yang sama. Jadikan produk tersebut dalam satu paket untuk dijual.

Dengan demikian, pelanggan bisa membeli produk dalam satu paket dengan fungsi yang lebih kompleks atau lengkap. Hal ini bisa membuat pelanggan mereka puas karena mendapatkan banya barang dari uang yang sudah mereka keluarkan untuk membeli produk Anda. Tak hanya perlaku pada produk barang, namun, bagi Anda yang memiliki perusahaan dalam bidang jasa, Anda juga bisa menerapkan paket berupa layanan atau fasilitas.

Tunjukkan Keunikan

Buatlah produk bisnis Anda unik dan berkarakter, sehingga tanpa harus menjelaskan berulang-ulang tentang kelebihan produk Anda, konsumen sudah tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang produk yang Anda jual. Dengan keunikan tersebut, produk yang Anda tawarkan akan lebih banyak dikenal orang dan selalu diingat. Pastikan bisnis Anda memiliki keunikan sendiri yang berbeda dengan pesaing Anda.

Gunakan dana atau modal yang dimiliki perusahaan untuk menciptakan produk yang berbeda dan berkarakter. Jika kekurangan dana untuk pembiayaan produksi dan pengembangan produk, cari pinjaman dana tampa jaminan demi berkembangnya bisnis yang Anda jalankan.

Maksimalkan Social Media

Di era digital ini, media sosial (social media) mempermudah pelaku bisnis untuk mempromosikan produk mereka secara luas kepada konsumen. Anda pun dapat melakukan hal yang sama dengan para pelaku bisnis di era modern ini. Buatlah akun media sosial khusus untuk bisnis Anda dan maksimalkan untuk melakukan promosi produk dan layanan melalui media sosial.

Media sosial juga membantu Anda lebih dengan dengan konsumen dari berbagai daerah yang tidak dapat dijangkau secara langsung. Beberapa sosial media yang banak digunakan untuk berbisnis yaitu Facebook dan Instagram. Kedua media sosial tersebut memberika peluang bagi Anda untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Promosi dari Mulut ke Mulut

Tidak hanya berperan sebagai penjual, Anda juga perlu perperan sebagai pengguna yang juga turut mempromosikan produk berdasarkan pengalaman Anda pribadi. Ceritakan kepada masyarakat tentang produk yang Anda gunakan, secara objektif (sesuai kenyataan), tanpa memandang bahwa produk tersebut merupakan produk perusahaan Anda sendiri.

Ceritakan kepada masyarakat tentang keunggulan produk yang ditawarkan perusahaan Anda berdasarkan pengalaman pribadi Anda. Cerita berdasarkan pengalaman akan lebih dipercaya daripada hanya sekedar mempromosikan produk tanpa pengalaman langsung dari penggunanya. Hal tersebut juga dapat mendorong pelanggan Anda melakukan hal yang sama, yaitu menceritakan produk Anda kepada masyarakat luas tentang keuntungan menggunakan produk yang Anda tawarkan.

Optimalkan Profil Bisnis Anda

Jangan lupa mengoptimalkan profil bisnis Anda sehingga dapat meningkatkan citra bisnis Anda dimata investor maupun pelanggan. Apabila Anda memiliki riwayat pinjaman modal usaha, maka pastikan Anda membayar kewajiban Anda tepat waktu, baik berasal dari pinjaman online maupun offline.

Demikianlah beberapa tips meningkatkan penjualan bisnis dengan biaya yang rendah.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Klik pada bintang untuk memberi rating!

Nilai rata-rata / 5. Jumlah vote:

Belum ada vote sejauh ini. Jadi yang pertama memberi tulisan ini rating!

Karena menurut Anda artikel ini berguna...

Ikuti kami di media sosial!

People reacted to this story.
Show comments Hide comments
Comments to: Tips Tingkatkan Penjualan Bisnis dengan Biaya Rendah
  • Mei 14, 2020

    Jika Anda telah mengetahui apa yang disukai pelanggan dari produk Anda, tawarkan hal baru lagi kepada pelanggan sesuai apa yang mereka sukai. Dengan demikian pelanggan akan lebih tertarik karena merasa membutuhkan produk tersebut. Bagaimana mengenali perilaku pelanggan secara luas? Akan sulit jika Anda melakukan pendekatan personal satu per satu kepada pelanggan Anda.

    Reply
Write a response

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.