fbpx

Jika Anda pernah memiliki kartu kredit, pinjaman, atau tagihan hutang, maka kemungkinan Anda pasti pernah mendengar tentang laporan kredit.

Tetapi apa itu laporan kredit? Bagaimana pengaruhnya terhadap bisnis Anda? Di tengah kondisi perekonomian yang semakin maju, setiap orang harus memahami definisi laporan kredit. Ini adalah salah satu dokumen terpenting dalam kehidupan finansial Anda.

Apa Itu Laporan Kredit?

Laporan kredit adalah kumpulan informasi tentang cara Anda menangani akun kredit dan utang. Dalam laporan ini mencakup informasi tentang berapa banyak utang yang Anda miliki, bagaimana cara Anda membayar tagihan, di mana Anda tinggal, di mana Anda bekerja, apakah Anda pernah mengajukan pailit/ bangkrut atau memiliki putusan pengadilan, dan apakah Anda telah memiliki rumah yang diambil alih atau kendaraan diambil alih.

Dalam satu laporan kredit bisnis mengandung banyak informasi keuangan. Itulah sebabnya, laporan kredit tahunan bisa lebih dari 100 halaman.

Bagaimana Mendapat Informasi Laporan Kredit Anda

Laporan kredit dikelola oleh bisnis yang dikenal sebagai biro kredit atau agen pelaporan kredit.

Perusahaan tempat Anda berbisnis telah sepakat untuk mengirim informasi utang Anda ke biro kredit yang kemudian memperbarui informasi itu dalam laporan kredit. Sebagian besar kartu kredit dan akun pinjaman akan diperbarui pada laporan kredit setiap bulan.

Beberapa bisnis tidak memperbarui laporan kredit yang sesuai dengan pembayaran bulanan Anda, akan tetapi mereka akan segera memberi tahu biro kredit ketika Anda menunggak pembayaran.

Misalnya, tagihan pembelian tidak secara otomatis dimasukkan ke dalam laporan kredit Anda, namun jika Anda terlambat membayar lebih dari enam bulan, tagihan tersebut mungkin tercantum dalam laporan kredit Anda sebagai penagihan utang.

Apa Saja Komponen Laporan Kredit?

Laporan kredit mencakup informasi identitas dasar seperti nama, alamat, dan tempat kerja Anda. Pastikan ejaan nama dan alamat serta nama perusahaan sudah tercantum dengan benar. Terkadang, karena kesalahan penulisan identitas pada laporan kredit, bisa menimbulkan masalah, termasuk pencurian identitas.

Laporan kredit Anda berisi informasi terperinci tentang kartu kredit dan pinjaman Anda. Dalam laporan kartu kredit, akan tercantum jumlah saldo, batas kredit, jenis akun, status akun dan riwayat pembayaran keseluruhan.

Tidak terkecuali, saldo pinjaman, jumlah pinjaman awal, dan riwayat pembayaran juga akan muncul pada laporan kredit. Catatan publik seperti pailit, penyitaan, kepemilikan kembali, dan hak pajak dicatat di bagian terpisah dari laporan kredit Anda.

Mengapa Anda Harus Memeriksa Laporan Kredit?

Anda harus memeriksa laporan kredit Anda setidaknya setahun sekali untuk memastikan informasi yang tercantum di dalamnya benar. Jika Anda curiga telah menjadi korban pencurian identitas, Anda harus memantau laporan kredit lebih sering.

Untuk memeriksa laporan kredit bisa dilakukan dalam beberapa cara. Antara lain, melalui situs web yang ditetapkan pemerintah, melalui penawaran promosi, atau dengan membeli dari biro kredit.

Mengapa Laporan Kredit itu Penting?

Sejumlah perusahaan atau kolega Anda kemungkinan besar akan memeriksa laporan kredit Anda untuk membuat keputusan sebelum bekerja sama. Bank akan memeriksa laporan kredit Anda sebelum menyetujui kartu kredit dan pinjaman, termasuk hipotek atau pinjaman mobil.

Beberapa pengusaha memeriksa laporan kredit sebagai bagian dari proses aplikasi. Laporan kredit Anda memengaruhi banyak bagian kehidupan Anda, jadi penting agar informasi yang dimasukkan akurat dan positif.

Laporan kredit Anda adalah satu-satunya sumber informasi untuk skor kredit Anda, suatu angka yang kadang-kadang digunakan pemberi pinjaman untuk menyetujui pinjaman atau aplikasi Anda. Skor kredit adalah angka tiga digit yang membantu menilai laporan kredit. Skor kredit yang tinggi menunjukkan bahwa Anda memiliki informasi positif pada laporan kredit Anda sementara skor kredit yang rendah menunjukkan adanya informasi negatif.

Jika Anda pernah bermimpi memiliki perusahaan bisnis yang menguntungkan dan berkembang, salah satu hal utama adalah memastikan bahwa Anda memiliki laporan kredit yang layak.

Manfaat Memiliki Laporan Kredit Untuk Bisnis Anda

1. Persetujuan Pinjaman Cepat

Salah satu opsi termudah untuk keluar dari krisis keuangan adalah mengajukan pinjaman dari bank atau mencari opsi pendanaan alternatif. Sayangnya, tidak semua bisnis yang mengajukan pinjaman disetujui. Mengapa? Salah satu dari banyak faktor yang mempengaruhi persetujuan kredit adalah kurangnya informasi dalam laporan kredit perusahaan.

Dengan demikian, untuk mendapatkan persetujuan pinjaman cepat untuk bisnis Anda, Anda harus berusaha dan memastikan bahwa laporan kredit bisnis Anda sudah mapan dan positif. Semakin kuat laporan, semakin cepat persetujuan pinjaman!

2. Sewa Ruang Kantor

Sebagai seseorang yang menjalankan bisnis, Anda mungkin perlu ruang ekstra untuk keperluan ekspansi. Selain itu, Anda mungkin ingin memindahkan bisnis sepenuhnya ke lokasi baru. Anda jelas akan menyewa ruang kantor. Namun, skor kredit yang buruk dapat merusak peluang Anda.

Ini karena banyak pemilik ruang kantor telah menggunakan laporan kredit bisnis sebagai pertimbangan. Pertama – tama, mereka akan memeriksa skor kredit bisnis Anda. Jika Anda memiliki peringkat kredit yang solid dalam bisnis, maka Anda tidak akan kesulitan untuk menyewa ruang kantor.

3. Menarik Investor Bisnis Lainnya

Ketika seorang pengusaha memulai bisnis, masa depan bisnis tidak pernah diketahui. Jika dengan keberuntungan, bisnis ini berhasil, ada peluang lebih tinggi bagi wirausahawan lain untuk datang dan membentuk kemitraan dengan Anda. Tentunya, hal ini tidak akan mungkin tidak terjadi ketika bisnis Anda memiliki skor kredit yang rendah.

Di sisi lain, karena rantai perjuangan keuangan dalam bisnis, seorang wirausahawan mungkin ingin menjualnya kepada investor lain. Bisnis dengan laporan kredit yang baik akan menjadi faktor positif yang dipertimbangkan oleh calon pembeli. Skenario lain adalah ketika Anda ingin mengembangkan bisnis. Seorang investor akan datang untuk meningkatkan bisnis Anda hanya setelah memverifikasi dan memastikan bahwa bisnis Anda memiliki laporan kredit yang baik.

4. Suku Bunga Pinjaman Rendah

Suku bunga adalah salah satu biaya yang Anda bayar untuk mengambil pinjaman dari lembaga keuangan. Saat ini, tingkat bunga yang dibayar pemilik bisnis sangat tergantung pada skor kredit bisnis. Jika Anda memiliki skor kredit yang baik, Anda akan memenuhi syarat untuk mendaptkan suku bunga terendah dari bank. Ini karena laporan kredit yang baik adalah tanda bahwa Anda membayar semua utang tepat waktu.

Karena itu, sangat penting bagi pemilik bisnis untuk bekerja keras dalam  meningkatkan skor kredit bisnis.

Pastikan Anda membayar semua tagihan tepat waktu, melunasi kembali pinjaman, dan memantau laporan kredit bisnis secara teratur untuk memperbaiki kesalahan yang mungkin Anda temukan.

5. Batas Nominal Pinjaman Lebih Tinggi

Divisi kredit bank memberikan pinjaman kepada bisnis yang memiliki skor dan profil kredit yang kuat. Laporan kredit bisnis yang menguntungkan jelas menunjukkan bahwa bisnis dapat memenuhi kewajiban finansialnya.

Semakin baik laporan kredit bisnis, semakin tinggi batas nominal pinjaman yang akan diberikan untuk bisnis Anda. Ini berarti Anda dapat mengajukan permohonan pembiayaan untuk mendapatkan akses kucuran dana segar dari bank atau lembaga keuangan. Kerjakan laporan kredit bisnis Anda sekarang dan nikmati semua manfaat ini untuk mengembangkan bisnis Anda ke level selanjutnya.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Klik pada bintang untuk memberi rating!

Nilai rata-rata / 5. Jumlah vote:

Belum ada vote sejauh ini. Jadi yang pertama memberi tulisan ini rating!

Karena menurut Anda artikel ini berguna...

Ikuti kami di media sosial!

Comments to: Pentingnya Laporan Kredit dalam Bisnis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.