fbpx

Kita semua pernah mendengar pepatah lama: pemilihan waktu yang tepat adalah segalanya. Pepatah ini benar adanya berlaku di dunia bisnis, di mana fluktuasi permintaan dan penawaran yang tidak terduga dapat berarti: selang nafas bantuan darurat dari perbankan perlu segera dihubungkan, atau gulung tikar usaha dimulai perlahan. Meski kondisi bisnis Anda sedang ramai-ramainya pengunjung maupun sekarang sepi transaksi, barangkali Anda akan terkejut: ini dapat menjadi waktu yang tepat untuk dapatkan pinjaman bisnis — dan hal tersebut terjadi lebih sering daripada yang Anda pikirkan.

Kesalahpahaman yang umum dialami setiap pelaku usaha adalah bahwa bisnis hanya perlu mengambil pinjaman jika mereka memang sedang terdesak. Tetapi seperti dalam artikel sebelumnya, kami menyarankan: Jangan meminjam jika Anda hanya ingin tetap bertahan.

Jadi pertanyaannya adalah … kapan perusahaan harus meminjam?

Mengapa perlu dapatkan pinjaman usaha?

Tentu saja, alasan dasar untuk memperoleh pinjaman adalah untuk dapatkan pinjaman dana segar yang saat ini tidak Anda miliki, dan menggunakannya untuk mengembangkan usaha — sehingga Anda memiliki dana untuk membayar kembali kepada kreditur, dan menjadikan pinjaman itu benar-benar bermanfaat sebagaimana tujuan semula. Sementara banyak pengusaha meminjam untuk mengadakan persediaan, menutupi biaya operasional, atau mengisi kekurangan uang tunai — mungkin inilah saatnya kita untuk mengubah cara pandang tentang pinjaman bisnis: sebagai peluang, bukan kewajiban.

Jadi jangan hanya memikirkan bagaimana nanti Anda bisa melunasi pinjaman tersebut. Berikut adalah 3 cara untuk menjadikan pinjaman Anda benar-benar bermanfaat, berguna untuk kembangkan usaha:

  • Pengadaan Persediaan — pada waktu yang tepat
  • Berinvestasi dalam pemasaran
  • Memperluas bisnis Anda

1. Tumpuk, Simpan Persedian kemudian Putarkan

Setiap pengusaha dapat mengenali peluang yang baik; pengusaha yang cerdas akan dapat mengoptimalkannya. Jika Anda sudah berpengalaman di sebuah bidang industri untuk waktu yang lama, insting wirausaha Anda telah siap sedia untuk menangkap tren permintaan.

Apa tren musiman, tanggal di kalender atau acara bergengsi yang akan berpengaruh menghasilkan puncak transaksi pembelian dalam grafik? Apakah ada periode dimana stok Anda habis lebih cepat dari pesanan yang bisa Anda penuhi?

Mengantisipasi dan memprediksi perubahan dalam pasang surut permintaan konsumen adalah kunci, dan pastikan Anda memiliki persediaan yang cukup untuk menanganinya saat peluang muncul. Kalau tidak, Anda akan memungut biaya peluang yang hilang untuk meraup keuntungan dari produk yang mestinya Anda mampu sediakan, seandainya Anda sudah bersiap dengan matang. Dan untuk mempersiapkannya, Anda akan membutuhkan dana untuk menyimpan persediaan secara strategis mengikuti situasi.

Dalam hal ini, Anda memerlukan pinjaman bisnis yang tersedia kapan saja Anda harus menangkap peluang seperti demikian. Hal ini sangat relevan untuk ketika menghadapi puncak musiman yang berjalan dalam beberapa bulan, dan yang hanya membutuhkan pinjaman jangka pendek, satu kali waktu saja.

Pinjaman Bisnis dapat Berguna ketika Saatnya Tiba untuk Menyetok Persediaan
Pinjaman Bisnis dapat Berguna ketika Saatnya Tiba untuk Menyetok Persediaan

2. Investasi untuk Keperluan Pemasaran

Pemasaran adalah senjata yang sering diabaikan dalam gudang persenjataan para pelaku usaha kecil. Anda memiliki produk yang hebat untuk ditawarkan, dan nilai tawar penjualan yang unik yang Anda banggakan…. tetapi ada pesanan yang kunjung masuk. Jangan berharap di siang bolong bahwa calon pelanggan Anda entah bagaimana caranya mendadak tahu tentang produk Anda mengandalkan potensi pelanggan Anda entah bagaimana — Anda harus memberi tahu mereka!

Pemasaran tidak lagi semudah menempatkan iklan dan berharap iklan itu mendulang hasil yang diharapkan. Di era media digital ini, perusahaan-perusahaan mengeksplorasi opsi untuk menjangkau pelanggan pontesial mereka di lebih banyak saluran dan antarmuka daripada sebelumnya — ini bisa berarti membangun komunitas di media sosial, optimasi mesin pencari (SEO), pemasaran berbasis konten dan sejenisnya … semua hal tersebut adalah iklan. Mungkin juga berarti berinvestasi di perangkat yang memudahkan manajemen hubungan pelanggan (CRM) dan aplikasi analisis data yang diperlukan untuk memantau kemajuan Anda, atau mempekerjakan seorang pakar pemasaran khusus untuk mewujudkannya.

Singkatnya, meningkatkan pemasaran untuk bisnis Anda mungkin melibatkan anggaran yang lebih besar daripada yang Anda pikirkan. Jika Anda ingin perusahaan mencapai pertumbuhan berkelanjutan, Anda tidak ingin hanya membuat kehebohan (hype) sesaat — Anda juga harus mempertahankannya! Mengambil fasilitas lini kredit usaha agar dapat membantu memulai proses pemasaran, dan memungkinkan bisnis Anda terus dan terus bertambah kuat selaras dengan basis pelanggan Anda yang juga semakin besar.

marketing social media content business loan
Meningkatkan Pengeluaran untuk Pemasaran dapat Menjadi Faktor yang Mendongkrak Laba dengan Cepat,
Namun Mungkin Disertai dengan Label Harga yang Sepadan

Psst… Anda tampaknya juga akan tertarik membaca artikel ini:

Ide Pemasaran Berbudget Rendah untuk Bisnis Kecil Anda

Budget Terbatas? Jangan Kuatir! Inilah 20 Ide Strategi Marketing dengan Biaya Rendah


3. Expansi, Ekspansi, Ekspansi

Tentu saja, peluang berorientasi pertumbuhan yang paling jelas yang dibutuhkan oleh sebuah bisnis adalah ekspansi!

Baik Anda memperbesar jumlah tim atau membuka cabang baru, memperluas jangkauan produk atau mendiversifikasi bisnis, satu hal yang pasti: Anda akan membutuhkan modal.

Bahkan jika segala sesuatunya sedang berjalan baik dan Anda mendapatkan margin laba positif, kemungkinan Anda hampir tidak akan selalu cukup dalam memenuhi jumlah yang Anda perlukan untuk mengambil langkah selanjutnya bagi perjalanan bisnis. Daripada menunggu tanpa melakukan apa-apa saat Anda mengumpulkan lebih banyak dana yang diperlukan agar dapat ekspansi, sebaiknya Anda membuat keputusan yang sudah diperhitungkan dengan baik untuk meminjam modal dalam mengisi kekosongan. Dengan dapatkan pinjaman bisnis akan membantu Anda memperluas operasi Anda dengan segera pada momen krusial ketika tren peluang muncul untuk segera ditangkap.

planning expansion business loan
Berencana untuk Memperluas Bisnis? Anda akan Membutuhkan Dana – Mungkin Lebih Dari yang Anda Perkirakan!

Memikirkan Kembali Pinjaman Bisnis

Merangkum semuanya: jadi, kapan bisnis harus membuat keputusan untuk mengajukan pinjaman? Besar kemungkinan, ada lebih banyak skenario dari yang Anda dapat pikirkan. Yang pasti bukan ketika Anda hanya mencoba untuk tetap bertahan; melainkan terutama ketika bisnis sedang berjalan lancar — saat Anda menghargai gelombang pemesanan dari pelanggan itu dan ingin naik ke tempat yang lebih tinggi. Pikirkan pinjaman sebagai mesin tambahan dan bukan penyelamat; pola pikir ini akan mendorong Anda ke depan, dan tidak membuat Anda terhenti tertahan di posisi Anda saat ini.

Bagaimanapun, sementara kami mengajak Anda untuk menghilangkan stigma negatif dari kegiatan pinjam-meminjam, krusial untuk menyertakan peringatan yang sama pentingnya: pastikan Anda dapat mengikuti jadwal pelunasan Anda!

Saat Anda memutuskan untuk meminjam, gunakan dengan penuh perhitungan — apakah ini untuk menumpuk persediaan menghadapi musim puncak pesanan pelanggan, meningkatkan anggaran pemasaran Anda, atau hanya mengembangkan perusahaan Anda.

dapatkan pinjaman agar selalu siap sedia dengan dana cadangan di situasi tertentu

Selalu Siap Sedia dengan Fasilitas Lini Kredit

Seperti yang telah kami lakukan, semua sangat bergantung pada kesesuaian waktu. Faktanya, jika Anda ingin melewatkan waktu tunggu sebelum memperoleh persetujuan setiap kali Anda mengajukan pinjaman, sekarang saatnya mempertimbangkan untuk meningkatkan opsi pinjaman jangka pendek Anda ke fasilitas lini kredit bergulir. Ia berfungsi tak ubahnya kartu kredit bagi bisnis Anda: dapatkan pinjaman dana sejumlah batas kredit hingga Rp 1 Miliar, dan tarik dana kapan pun Anda butuhkan.

Mengenali peluang pertumbuhan — dan menindaklanjutinya — bisa menjadi salah satu pengalaman perjalanan wirausaha yang paling menakutkan, menantang, namun bermanfaat di saat bersamaan. Ketika tiba waktunya untuk dapatkan pinjaman bisnis, pastikan Anda itu justru tidak membuat bisnis lumpuh — dan kehilangan peluang untuk mengembangkan bisnis Anda.


Apakah artikel ini bermanfaat?

Klik pada bintang untuk memberi rating!

Nilai rata-rata / 5. Jumlah vote:

Belum ada vote sejauh ini. Jadi yang pertama memberi tulisan ini rating!

Karena menurut Anda artikel ini berguna...

Ikuti kami di media sosial!

Comments to: Kapan bisnis Anda harus dapatkan pinjaman?

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.