fbpx

Setiap bisnis atau usaha yang dijalankan tentu bertujuan untuk mendapatkan penghasilan dari produk yang dijual, baik jasa maupun barang. Sayangnya, bagi para pelaku usaha kecil, seringkali mengalami kesulitan dalam penjualan produk mereka. Berbeda dengan perusahaan besar yang sudah berkembang pesat, mereka mengetahui cara meningkatkan omset penjualan dengan tepat. Sehingga lebih mudah menjual produknya kepada masyarakat secara luas dan mendapatkan penghasilan atas penjualan yang dilakukan.

Kesulitan dalam menjual produk kerap menjadikan pelaku usaha kecil merasa frustasi dalam beberapa waktu. Hal ini kerap membuat mereka kebingungan menentukan strategi seperti apa lagi untuk mendapatkan penghasilan dari penjualan. Jika saat ini Anda adalah pelaku usaha kecil atau UKM, Anda mungkin juga pernah mengalami kesulitan dalam penjualan produk perusahaan Anda. Sebelum mengetahui cara meningkatkan penjualan, ketahuilah terlebih dahulu hal-hal yang menyebabkan produk tidak laku terjual.

7 Alasan Bisnis Kecil Sulit Penjual Produknya

Berikut ini setidaknya ada 7 alasan mengapa pelaku usaha sulit menghasilkan pandapatan dari penjualan.

Terlalu Fokus pada Pemasaran, Bukan Penjualan

Alasan pertama yang membuat pelaku usaha kecil sulit menjual produknya yaitu terlalu fokus pada pemasaran produk yang tidak menghasilkan penjualan. Banyak orang yang fokus memperkenalkan produknya kepada masyarakat, baik melalui media sosial maupun blog. Namun, tidak mampu menghasilkan penjualan terhadap produk yang dipasarkan.

Ilmu pemasaran atau marketing suatu produk memang diperlukan. Akan tetapi, Anda juga harus memikirkan strategi bagaimana membuat masyarakat tidak hanya tertarik pada produk Anda, namun tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Dengan demikian, Anda akan memperoleh pendapatan dari hasil penjualan.  Anda harus dapat membedakan mana yang harus dipasarkan atau dikenalkan dan mana yang harus dijual.

Menargetkan Pembeli yang Salah

Dalam hal pemasaran, menjangkau ratusan orang akan dianggap lebih memuaskan daripada hanya menjangkau puluhan orang. Namun, apakah ratusan orang yang Anda jangkau sudah sesuai dengan target market produk Anda? Perlu diingat, berapa banyak orang yang Anda jangkau akan sia-sia jika tidak sesuai dengan target. Akan lebih baik jika produk Anda menjangkau sedikit orang, namun target Anda adalah pengguna produk yang Anda tawarkan.

Menargetkan orang yang salah hanya akan menyita banyak waktu Anda, namun tidak bisa menghasilkan penjualan yang maksimal. Penargetan yang salah merupakan salah satu penyebab mengapa penjualan produk menjadi tidak laku terjual. Oleh sebab itu, pastikan produk Anda tepat sasaran kepada masyarakat yang memang menggunakan produk Anda. Sehingga produk yang Anda tawarkan akan menarik masyarakat untuk dibeli.

Target Market Bukan Pembuat Keputusan yang Baik

Tidak semua orang bisa dijadikan target market produk Anda. Selain mempertimbangkan minat mereka terhadap produk yang Anda tawarkan, perlu pula dipastikan bahwa target adalah pembuat keputusan yang baik untuk membeli produk Anda. Ada banyak orang yang menyukai produk bisnis Anda, namun sayangnya mereka ragu untuk membeli produk tersebut.

Hal ini bisa menyebabkan produk yang Anda tawarkan tidak akan laku di pasaran. Ini merupakan salah satu alasan mengapa penjualan Anda tidak menghasilkan pendapatan. Meskipun Anda perlu menjangkau lebih banyak orang, namun fokuskan pada target yang merupakan pembuat keputusan yang baik. Sehingga ia membeli produk Anda karena memang merasakan keuntungan dari produk yang Anda tawarkan, bukan asal-asalan membeli.

Dengan demikian, salah satu pelanggan Anda bisa merekomendasikan produk Anda kepada orang lain. Hal tersebut secara tidak langsung membantu Anda mendapatkan pelanggan yang akan membeli produk yang Anda tawarkan. Tanpa Anda turun langsung memasarkan produk ke masyarakat.

Target Tidak Membutuhkan Produk Anda

Penyebab selanjutnya yang membuat penjualan tidak menghasilkan apa-apa yaitu target tidak sedang membutuhkan produk yang Anda jual. Akibatnya, target tidak berniat membeli produk Anda karena memprioritaskan produk lainnya. Hal inilah yang akhirnya membuat produk yang Anda tawarkan menjadi sia-sia karena tidak menghasilkan pendapatan.

Jika Anda ingin tau cara meningkatkan penjualan online maupun secara offline (langsung), jualah produk di waktu yang tepat. Lakukan survey ke lapangan, dan lihat produk yang sedang dibutuhkan masyarakat. Apabila produk bisnis Anda tidak sesuai kebutuhan masyarakat, bisa dipastikan bahwa produk Anda akan mendapatkan banyak penolakan dari masyarakat. Carilah waktu yang tepat untuk memasarkan dan menjual produk Anda ke masyarakat sesuai kebutuhan mereka.

Ada Alternatif Lain yang Dipilih Masyarakat

Ada kemungkinan lain yang membuat penjualan Anda tidak menghasilkan apa-apa, yaitu masyarakat telah memiliki alternatif lain tanpa harus menggunakan produk Anda. Misalnya, telah ada pesaing lain yang menjual produk lebih unik dan berkualitas dari apa yang Anda tawarkan. Atau masyarakat mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri tanpa harus menggunakan produk dari bisnis Anda.

Apabila yang ini yang terjadi, maka saatnya Anda melakukan inovasi baru yang lebih unik dan kreatif, sehingga produk yang Anda tawarkan benar-benar dibutuhkan masyarakat. Lihat apa yang dibutuhkan masyarakat dan masyarakat sendiri tidak mampu memenuhinya. Ini bisa dijadikan sebagai peluang bisnis Anda untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Tidak Memberikan Jaminan

Produk tanpa jaminan akan mudah membuat masyarakat enggan menggunakan produk Anda. Oleh sebab itu, penting bagi Anda memikirkan jaminan yang sesuai untuk pelanggan Anda, sehingga mereka tidak beralih ke produk pesaing. Ingat, pelanggan adalah orang yang akan secara tidak langsung membantu meningkatkan penjualan melalui promosi yang mereka lakukan kepada orang-orang disekitarnya. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan bahwa pelanggan produk Anda tidak akan beralih ke produk lain, dengan cara memberikan jaminan.

Tidak Memberikan Penawaran yang Baik

Setiap pelanggan tentu menginginkan penawaran yang baik dari produk yang Anda tawarkan. Mulai dari harga, bonus, kualitas, jaminan, dan pelayanannya. Pelanggan akan selalu menunggu penawaran terbaik dari Anda sehingga menjadikan alasan mengapa mereka harus bertahan menggunakan produk bisnis Anda. Oleh sebab itu, tingkatkan kualitas produk, pelayanan, dan penawaran-penawaran terbaik lainnya untuk terus meningkatkan minat masyarakat membeli produk Anda.

Pemilik usaha kecil memang membutuhkan usaha yang ekstra keras untuk meningkatkan penjualannya, bahkan membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, ini bukan menjadi alasan untuk menyerah. Salah satu menghambat kegagalan dalam berjualan yaitu masalah modal yang kurang sehingga menghambat pengembangan bisnis Anda. Tidak perlu khawatir, karena saat ini banyak pinjaman online yang memudahkan Anda mendapatkan pinjaman dana sesuai kebutuhan.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Klik pada bintang untuk memberi rating!

Nilai rata-rata / 5. Jumlah vote:

Belum ada vote sejauh ini. Jadi yang pertama memberi tulisan ini rating!

Karena menurut Anda artikel ini berguna...

Ikuti kami di media sosial!

Contributor
Comments to: Inilah 7 Alasan Bisnis Kecil Sulit Menghasilkan Pendapatan Penjualan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.