fbpx

Time needed: 5 minutes.

Untuk memulai sebuah usaha yang baru, seorang pengusaha membutuhkan lebih dari sekedar ide bisnis. Untuk mewujudkan ide bisnis diperlukan dana atau disebut dengan modal. Oleh karena itu, banyak pengusaha yang berusaha untuk mengajukan pinjaman modal usaha umumnya kepada pihak bank. Pinjaman yang diajukan dapat berupa pinjaman dana tanpa jaminan ataupun dengan jaminan. Namun tidak jarang pula pengusaha gagal mendapatkan pinjaman. Oleh karena itu, mari kita simak bersama 5 kiat cerdas untuk mengajukan pinjaman berikut ini.

  1. Evaluasi riwayat BI Checking Anda

    Salah satu yang menjadi pertimbangan bank saat akan memberikan pinjaman kepada anda adalah melihat riwayat BI (Bank Indonesia) checking anda. Jika anda pernah meminjam dana sebelumnya ke bank, tentu bank akan meneliti riwayat pembayaran hutang/cicilan anda. Pihak pemberi pinjaman akan mengecek apakah nama anda termasuk ke dalam daftar hitam BI checking atau tidak. Bank tentu juga akan mempertimbangkan apakah anda cukup teratur dalam melunasi hutang- hutang anda di masa lalu. Pihak pemberi pinjaman pun akan mempertimbangkan jumlah pinjaman yang anda pinjam sebelumnya.

    Oleh karena itulah, banyak pegusaha yang sebenarnya tidak membutuhkan pinjaman modal usaha, tetapi tetap mengajukan pinjaman ke bank, agar mereka memiliki riwayat BI checking yang baik. Karena semakin sering seseorang meminjam dan memiliki riwayat pembayaran yang baik, semakin mudah bank mencairkan pinjaman selanjutnya. Bahkan bank akan lebih berani untuk memberikan pinjaman dalam jumlah yang lebih besar. Namun pastikan, bahwa anda sudah melunasi pinjaman sebelumnya, karena jika pinjaman anda belum selesai, hal ini mungkin mempersulit anda dalam mengajukan pinjaman.

    Jika anda tidak pernah mengajukan pinjaman sebelumnya, pihak bank akan menjadi lebih teliti untuk melakukan survei terhadap kondisi keuangan anda dan juga bisnis yang akan anda jalankan. Apalagi jika anda mengajukan pinjaman tanpa jaminan, maka mungkin jumlah yang dapat dipinjamkan tidak terlalu besar. Oleh sebab inilah, maka pengevaluasian riwayat BI checking perlu dilakukan sebelum mengajukan pinjaman modal usaha. Jika anda ingin memulai bisnis dengan partner bisnis lain, anda bisa menimbang- nimbang siapa yang memiliki track record yang terbaik pada BI checking.

  2. Persiapkan rencana bisnis Anda dengan matang

    Setelah melakukan evaluasi BI checking, hal yang anda harus lakukan adalah dengan mempersiapkan perencanaan bisnis dengan matang. Anda perlu memikirkan dengan detil alokasi pinjaman modal tersebut. Pikirkan dengan bijaksana apakah alasan utama anda meminjam. Jika anda meminjam dengan alasan ekspansi usaha, memperluas tempat, membeli produk baru yang akan menghemat biaya produksi, atau menambah karyawan yang berprsopek baik bagi kemajuan bisnis anda, tentu hal – hal ini dalah alasan yang tepat untuk mengajukan pinjaman. Namun, jika alasan peminjaman modal anda adalah hanya untuk menutupi biaya operasional yang tidak ter-cover tanpa memikirkan bagaimana mengembangkan usaha anda selanjutnya, tentu hal ini adalah alasan yang kurang tepat.

    Pihak peminjam modal usaha juga pasti akan menanyakan kepada anda mengenai keperluan anda dalam melakukan pinjaman. Jika anda dapat menjawab dengan memberikan perencanaan bisnis yang matang, tentu pihak peminjam akan lebih mudah untuk meminjamkan dananya. Anda juga perlu menjelaskan bagaimana perencanaan keuangan anda dalam melunasi hutang yang anda miliki.

  3. Mencari opsi pinjaman terbaik

    Setelah mencari tahu tepat atau tidaknya pinjaman yang anda lakukan dan juga menyusun rencana untuk mengembalikan hutang tersebut dengan matang, kini yang perlu anda lakukan adalah memilih opsi pinjaman yang terbaik. Pastikan bahwa anda mengajukan lebih dari satu aplikasi kepada pihak-pihak pemberi pinjaman. Anda dapat membandingkan penawaran yang bank berikan kepada anda. Beberapa hal yang harus anda bandingkan tentunya adalah suku bunga dan jangka waktu pinjaman yang bank atau pemberi pinjaman berikan. Pilihlah yang paling memenuhi kebutuhan anda.

    Selain bank besar, anda juga dapat mencari opsi dengan mengajukan pinjaman (apply loan) ke koperasi simpan pinjam atau juga ke bank perkreditan rakyat milik pemerintah. Selain itu, jika anda sedang mencari pinjaman online tanpa jaminan, kini tersedia pinjaman online dalam bentuk kartu kredit online yang dapat dicairkan kapan saja. Produk yang berasal dari Singapura ini, berupaya untuk mengembangkan UMKM di Indonesia dengan lebih pesat dengan solusi pembiayaan. Startup ini menawarkan bunga yang sangat kecil bahkan hingga 0% jika pinjaman dapat dikembalikan dalam 60 hari. Pendaftaran pinjaman ini pun sangat cepat dan mudah, yaitu bisa dilakukan secara online. Mungkin produk ini dapat menjadi salah satu opsi terbaik bagi anda dalam mengajukan pinjaman.

  4. Penuhi persyaratan pengajuan pinjaman

    Setelah membandingkan produk pinjaman dan menemukan opsi yang terbaik, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan memenuhi syarat- syarat aplikasi peminjaman. Usahakan untuk mengisi aplikasi dengan detil dan lengkap. Usahakan juga agar setiap syarat yang diminta oleh pihak bank atau peminjam dapat anda penuhi.

    Biasanya syarat yang diminta oleh bank untuk mengajukan pinjaman dibagi menjadi dua yaitu, syarat umum dan syarat khusus. Berikut adalah syarat- syarat yang biasanya diminta;

    Syarat umum
    – Mengisi formulir aplikasi
    – Fotokopi identitas diri (KTP, SIM, atau paspor)
    – Fotokopi akta nikah bagi yang sudah menikah
    – Fotokopi kartu keluarga


    Syarat tambahan khusus bagi pengusaha
    – Fotokopi rekening koran/ giro buku tabungan di bank manapun selama 3-6 bulan terakhir beberapa bulan terakhir,
    – Data keuangan lain, seperti neraca keuangan, laporan rugi laba, catatan penjualan dan pembelian harian, serta data pembukuan lainnya

  5. Persiapkan diri untuk proses wawancara singkat

    Setelah lolos seleksi berkas, maka langkah selanjutnya adalah proses wawancara. Persiapkan diri anda dan business plan anda dengan matang saat wawancara ini. Pastikan anda tidak gugup dan jawablah semua pertanyaan yang diberikan oleh pihak peminjam modal usaha kepada anda. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang biasanya ditanyakan pihak peminjam modal saat wawancara;

    – Mata Pencaharian:
    Pihak peminjam akan menanyakan bisnis apa yang anda lakukan dan dari mana saja anda mendapatkan uang. Pastikan anda menjawab sesuai dengan apa yang anda tulis di aplikasi.

    – Penghasilan:
    Selanjutnya, anda akan ditanyai seputar besaran penghasilan bulanan. Dari pertanyaan ini, pihak bank akan menilai apakah penghasilan anda seimbang dengan jumlah pinjaman yang anda ajukan. Selain itu, pihak bank akan menilai kesanggupan anda untuk membayar cicilan.

    – Pengeluaran:
    Pengeluaran bulanan juga harus anda kemukakan dengan jelas kepada pihak peminjam, sehingga pihak peminjam memiliki gambaran yang jelas mengenai kondisi keuangan anda. Ada baiknya jika jumlah pengeluaran anda tidak lebih dari sepertiga dari jumlah penghasilan anda.

    – Hutang Piutang:
    Yang terakhir, pihak bank akan menanyakan apakah anda memiliki hutang piutang di tempat lain, semisal cicilan mobil, rumah, atau kredit bank lainnya. Besaran hutang, kepemilikan kartu kredit, dan bagaimana pembayaran setiap bulannya tentu akan menjadi penilaian yang penting.

Demikian lima langkah cerdas yang dapat anda persiapkan dalam mengajukan pinjaman ke pihak bank. Pastikan anda punya alasan yang kuat dalam melakukan peminjaman, sehingga anda terhindar dari jeratan hutang. Semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat mencoba.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Klik pada bintang untuk memberi rating!

Nilai rata-rata / 5. Jumlah vote:

Belum ada vote sejauh ini. Jadi yang pertama memberi tulisan ini rating!

Karena menurut Anda artikel ini berguna...

Ikuti kami di media sosial!

People reacted to this story.
Show comments Hide comments
Comments to: Ingin Memulai Usaha? Inilah 5 langkah Mengajukan Pinjaman untuk Usaha Kecil
  • April 3, 2020

    PELUANG PINJAMAN !!!!!
    Anda tidak pernah terlalu muda untuk memulai sebuah kerajaan dan tidak pernah terlalu tua untuk memulai mimpi baru. Mimpi tidak menjadi kenyataan melalui sihir; dibutuhkan keringat, tekad dan kerja keras. Dapatkan pinjaman dari kami hari ini untuk membantu membawa Anda ke dunia baru kebebasan finansial Anda. Untuk Info lebih lanjut tentang cara mendaftar, Pm saya atau Email @: hemphillprivatefunds@gmail.com
      atau Whatsapp: 1 213 433 3059

    Reply
Write a response

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.