fbpx

Marketing Strategy atau strategi pemasaran adalah salah satu strategi bisnis (business strategy) yang tidak bisa dipisahkan dari perencanaan dan pengembangan suatu bisnis. Terkadang perusahaan menetapkan proporsi yang cukup besar untuk pembiayaan pemasaran produk karena pemasaran ini sangat mempengaruhi penjualan produk. Namun, bagi anda yang ingin memulai usaha dengan skala yang kecil, tentu anda memerlukan- ide-ide pemasaran dengan anggaran rendah sehingga anda dapat menghemat modal dan pengeluaran anda. Mari kita simak bersama beberapa ide pemasaran dengan anggaran dana yang rendah berikut ini.

  1. Brosur
    Cara yang satu ini memang terlihat sangat konvensional, tetapi sebenarnya pembagian brosur dalam penyebaran informasi masih terbilang cukup efektif. Kita dapat menghemat anggaran dengan memilih bahan brosur yang tidak terlalu tebal. Dengan cara ini kita dapat menghemat dana dan informasi melalui brosur bisa tetap tersampaikan dengan baik.
  2. Membagikan voucher diskon atau coba gratis
    Voucher diskon atau coba gratis juga dapat menjadi salah satu pilihan pemasaran dengan anggaran rendah. Dengan mencetak voucher, anda dapat mengundang para calon klien untuk datang ke lokasi usaha anda dan mencoba produk yang anda tawarkan. Anda dapat menyelipkan voucher tersebut pada brosur yang anda cetak. Namun pastikan bahwa voucher yang anda berikan memiliki ciri khas sehingga tidak mudah dipalsukan. Selain itu, bagikanlah voucher tersebut kepada calon klien yang potensial.
  3. Logo dan tagline
    Selain untuk branding dan identitas produk, logo dan tagline juga bermanfaat dalam pemasaran produk. Semakin unik dan menarik logo dan tagline yang anda buat, akan semakin baik untuk menarik perhatian para klien.
  4. Kartu nama
    Desain kartu nama yang unik dan menarik juga bisa menjadi salah satu metode pemasaran dengan anggaran yang rendah. Anda dapat membagikan kartu nama tersebut kepada kerabat dan calon klien yang potensial di sekitar anda. Anda juga dapat menitipkan kartu nama anda ke rekanan- rekanan bisnis anda.
  5. Stiker mobil atau motor
    Selain brosur dan kartu nama, mencetak sticker untuk mobil atau motor juga merupakan saran pemasaran yang cukup baik karena mobil dan kendaraan bermotor lainnya sangat tinggi dalam mobilitasnya, sehingga memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk dapat dilihat orang.
  6. Website
    Selanjutnya adalah pemasaran melalui website. Buatlah website sederhana yang berisi informasi- informasi yang berguna. Pastikan tema artikel yang anda buat dan cantumkan dalam halaman website anda sesuai dengan bisnis anda, sehingga anda dapat menyelipkan informasi tentang produk anda.
  7. Instagram
    Cukup dengan memasukkan foto yang cantik atau brosur yang menarik pada akun instagram, anda dapat memasarkan produk anda dengan efektif. Selain itu, kini instagram juga dilengkapi dengan business profile dimana anda bisa meminta jasa instagram untuk mempromosikan produk anda. Melalui fitur ini, akun anda akan muncul di halaman instagram pengguna aplikasi ini.
  8. Blog
    Artikel menarik tentu saja memiliki banyak peminat. Jika anda tidak punya cukup banyak waktu untuk mengelola blog, anda bisa memanfaatkan blogger- blogger yang sudah memiliki subscriber yang banyak. Mintalah mereka untuk memberikan penilaian mengenai produk anda. Anda juga bisa mendaftarkan iklan anda untuk dijadikan iklan PPC (Pay Per Click) yang akan muncul di halaman blog-blog dengan jumlah pengunjung yang banyak. Anda dapat menyesuaikannya dengan anggaran pemasaran anda.
  9. Twitter
    Pemasaran lewat twitter juga termasuk cukup efektif. Tulislah iklan yang singkat dan menarik dan sertakan link untuk mampir ke akun sosial media anda yang berisi informasi yang lebih lengkap mengenai produk anda.
  10. Facebook
    Facebook memiliki jumlah pengguna terbanyak kedua di Indonesia. Anda dapat memanfaatkan jasa iklan PPC (pay per click) di Facebook dengan harga yang terjangkau yaitu mulai dari sepuluh ribu rupiah saja.
  11. Youtube
    Sebagai plaform social media dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia, tentu Youtube adalah cara pemasaran yang efektif. Untuk melakukan pemasaran melalui Youtube, anda dapat mencoba dengan membuat video tutorial mengenai bisnis yang sedang anda geluti. Anda juga dapat berbagi ide bisnis melalui video. Semakin banyak video anda menginspirasi, semakin banyak orang mengetahui mengenai bisnis anda.
  12. Email
    Anda juga dapat menggunakan email untuk menginformasikan bisnis anda. Anda dapat mendapatkan alamat email klien saat orang datang utuk menukarkan voucher gratis yang anda promosikan. Selain itu anda dapat membuat formulir pada halaman blog dimana pembaca bisa mendaftarkan alamat email mereka.
  13. Mengadakan kontes online atau giveaway
    Manfaatkan akun sosial media anda untuk membuat kontes online yang menawarkan hadiah. Dalam kontes yang anda buat, anda dapat membuat syarat agar peserta kontes online yang mengikuti kontes ini dapat memberitahukan informasi kontes ini kepada teman- temannya.
  14. Mengadakan seminar atau workshop
    Buatlah seminar atau workshop gratis atau berbayar dengan biaya rendah untuk menarik konsumen lebih banyak lagi. Undang nara sumber yang berpengalaman di bidangnya. Anda dapat memanfaatkan sesi seminar ini untuk mempresentasi yang menarik mengenai produk bisnis anda.
  15. Konsultasi gratis
    Anda juga dapat mencoba untuk memberikan layanan konsultasi gratis sesuai dengan keahlian dan bisnis yang sedang anda geluti. Melalui konsultasi, anda dapat mengetahui kebutuhan calon konsumen secara lebih mendetil yang pastinya bermanfaat untuk pengembangan bisnis anda. Kemampuan persuasif dalam konsultasi juga diperlukan untuk membuat konsumen tertarik dengan produk anda.
  16. Menjadi sponsor acara
    Menjadi sponsor dalam sebuah acara tidak selalu harus dalam jumlah anggaran yang besar. Anda bisa memilih paket sponsor yang sesuai dengan anggaran yang anda miliki. Melalui sponsor acara, anda mungkin akan mendapat kesempatan untuk memasang iklan di buku acara, memasang banner, atau mungkin membuka stand penjualan produk.
  17. Membuat stand pameran
    Carilah tempat- tempat strategis dan ramai pengunjung yang memungkinkan anda untuk membuka stand promosi. Pastikan orang yang datang ke tempat- tempat tersebut sesuai dengan target pasar anda.
  18. Forum dan komunitas
    Janganlah ragu untuk bergabung dengan banyak komunitas dan forum. Selain bebas biaya, anda pasti mendapat banyak kenalan baru yang berpotensi menjadi calon klien anda.
  19. Tawaran diskon untuk pelanggan baru
    Buatlah program promosi berupa potongan harga bagi pelanggan baru atau bagi pelanggan yang memperkenalkan produk anda ke orang baru.
  20. Buat dan terus perbaharui marketing plan anda
    Yang terakhir, evaluasilah selalu strategi pemasaran yang sudah anda lakukan. Hentikan setiap promosi yang kurang efektif dan jangan takut untuk memulai strategi pemasaran yang baru untuk memperluas pemasaran produk anda. Buatlah inovasi- inovasi baru dan tetaplah konsisten kepada hal yang sudah anda lakukan.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Klik pada bintang untuk memberi rating!

Nilai rata-rata / 5. Jumlah vote:

Belum ada vote sejauh ini. Jadi yang pertama memberi tulisan ini rating!

Karena menurut Anda artikel ini berguna...

Ikuti kami di media sosial!

Contributor
Comments to: Budget Terbatas? Jangan Kuatir! Inilah 20 Ide Strategi Marketing dengan Biaya Rendah

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.