fbpx

Bagaimana caranya menghemat arus kas, mengurangi pengeluaran, dan tetap menghasilkan keuntungan? Apabila Anda berpikiran seperti ini, Anda tidak sendirian karena banyak pemilik bisnis lainnya yang juga mencoba mencari formula yang tepat untuk memperoleh hasil tersebut. Saat ini kita berada di dunia yang dijalankan oleh perusahaan-perusahaan besar, pebisnis yang sangat sukses dan para ahli internet yang menginvestasikan seluruh waktu, uang dan usaha dalam bisnis yang mereka jalankan. Seluruh produk yang kita gunakan di rumah, restoran dan bahkan di kantor merupakan hasil dari jerih payah seseorang dengan mengorbankan tabungannya untuk bertaruh pada bisnisnya.

Walaupun yang kita lihat adalah kesuksesan yang telah mereka raih, setiap orang pasti memulai segala sesuatunya dari dasar. Memiliki sebuah bisnis, tidak peduli seberapa kecilnya bisnis tersebut, akan membuat Anda merasa bangga pada diri sendiri. Tidak ada seorangpun yang harus merasa malu karena memulai bisnis dari kecil, karena permulaan kecil inilah yang dapat membawa Anda kepada tujuan yang Anda inginkan.

Banyak orang yang merasa perlu memiliki modal besar sebelum bisa mulai menjalankan bisnis. Akan tetapi, walaupun Anda memiliki modal kecil, Anda sudah bisa langsung memulai bisnis yang Anda inginkan dengan memulainya sedikit demi sedikit. Perlu diingat bahwa ketika memulai sebuah bisnis, Anda harus meminimalkan pengeluaran yang dilakukan sebanyak mungkin. Jadi, bagaimana cara terbaik bagi Anda untuk dapat menghemat uang saat baru memulai bisnis? Berikut 10 cara terbaik untuk menghemat uang ketika memulai bisnis yang dapat Anda coba.

Jalankan bisnis Anda dari rumah

Ini merupakan cara yang paling mudah dilakukan untuk menghemat modal. Walaupun dengan memiliki ruang kantor atau ruang bisnis tersendiri dapat membuat bisnis Anda terlihat lebih terpercaya, tetapi apabila modal Anda masih belum cukup, disarankan untuk menjalankan bisnis Anda dari rumah atau menghubungi teman dan kerabat yang memiliki ruangan lebih untuk disewakan dan menggunakannya untuk menjalankan bisnis Anda. Pastinya biaya yang harus Anda keluarkan untuk menyewa ruang dari teman atau kerabat akan lebih murah dibandingkan dengan bagunan komersial.

Beli peralatan yang telah dipakai

Salah satu kesalahan yang dilakukan oleh pebisnis muda adalah dengan memulai bisnisnya dengan memberi peralatan dan mesin baru. Hal ini sangat tidak disarankan, karena menelan biaya yang mahal mengingat Anda tidak memiliki banyak modal untuk dimanfaatkan. Modal usaha yang Anda miliki hanyalah dana untuk memulai bisnis sehingga penggunaan modal yang dimiliki harus benar-benar dijaga.

Cari perusahaan yang sudah stabil yang bergerak di bidang yang sama dengan Anda dan tanyakan apakah mereka memiliki peralatan yang Anda butuhkan dan dapat menjual atau menyewakannya kepada Anda. Apabila peralatan tersebut disewakan kepada Anda dengan periode waktu tertentu, pastikan Anda menegosiasikannya dengan biaya yang serendah mungkin yang bisa didapatkan. Jika peralatan tersebut dijual kepada Anda akan jauh lebih baik. Pastikan membawa seseorang yang ahli untuk membantu Anda dalam mendeteksi kekurangan apapun yang ada pada peralatan tersebut dan memastikan apakah hal tersebut dapat diperbaiki. Apabila bisa diperbaiki, maka tidak perlu ada yang dikhawatirkan. Jika tidak bisa, maka menyewa peralatan tersebut adalah pilihan yang paling bijak.

Beli barang dalam jumlah besar

Ketika Anda membeli barang dalam jumlah yang besar, vendor/penjual biasanya akan memberikan potongan harga yang cukup besar. Hal ini memungkinkaan Anda untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar ketika melakukan penjualan. Intinya, ketika Anda membeli barang yang tidak memiliki batas waktu penggunaan, sangat disarankan bagi Anda untuk membelinya dalam jumlah yang besar sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih dari hasil penjualan di masa depan.

Menyusun Anggaran

Setiap bisnis wajib untuk memiliki agar sebagai pedoman bagi bisnis Anda. Nantinya Anda juga harus membuat laporan arus kas untuk melacak pengeluaran dan pendapatan yang diterima oleh bisnis. Tanpa anggaran dan laporan arus kas, sudah dipastikan bisnis Anda tidak akan pernah berkembang. Apa itu arus kas atau disebut juga dengan cash flow? Cash flow adalah gambaran berupa laporan mengenai jumlah uang yang masuk (Cash in flow) dan jumlah uang yang keluar (Cash out flow) dalam periode waktu tertentu.

Bisa dikatakan arus kas berperan penting dalam sebuah bisnis karena dapat menentukan seberapa baik operasional bisnis Anda berjalan. Singkat kata, Anda bisa mengetahui tentang keuangan bisnis Anda apakah sedang untung atau rugi. Menurut riset yang dilakukan oleh Jessie Hergen dari U.S. Bank, sebesar 82% bisnis gagal karena buruknya pengelolaan arus kas. Apabila Anda ingin mengajukan pinjaman modal usaha kepada platform pinjaman online untuk bisnis Anda, laporan arus kas akan berperan penting dalam mengetahui seberapa banyak modal yang Anda butuhkan.

Sewa Akuntan Profesional

Apabila Anda memiliki modal yang cukup untuk menyewa akuntan profesional, hal ini sangat disarankan. Pasalnya, akuntan profesional yang dapat membantu mengelola keuangan Anda dengan lebih efektif dan efisien. Mereka dapat melacak kondisi keuangan bisnis Anda dan mengingatkan Anda tentang area mana saja pada arus kas yang perlu diberikan perhatian khusus. Dengan menyewa tenaga akuntan profesional akan membantu bisnis Anda tetap sehat secara finansial.

Buat strategi untuk meningkatkan arus kas Anda

Untuk dapat mempertahankan bisnis, Anda memerlukan strategi untuk meningkatkan arus kas ketika bisnis berjalan lambat. Ada berbagai macam cara yang dapat Anda coba untuk meningkatkan arus kas bisnis Anda, salah satunya dengan memberikan diskon atau promo tertentu bagi pelanggan Anda. Selain itu juga Anda dapat mencoba untuk menghadirkan produk baru untuk memperluas daya tarik pasar Anda.

Bisnis Anda mungkin memiliki produk dan layanan yang hebat. Tetapi, jika Anda tidak bisa membayar tagihan Anda, sudah dipastikan bisnis Anda akan gulung tikar. Untuk menghindari ini, Anda bisa mencari pinjaman modal usaha untuk mempercepat pertumbuhan bisnis Anda, mulai dari menyewa tempat hingga persediaan barang dan peralatan yang dibutuhkan. Hal ini memungkinkan modal yang Anda miliki dapat disimpan untuk kebutuhan mendesak lainnya ketika bisnis Anda sedang sangat membutuhkan.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Klik pada bintang untuk memberi rating!

Nilai rata-rata / 5. Jumlah vote:

Belum ada vote sejauh ini. Jadi yang pertama memberi tulisan ini rating!

Karena menurut Anda artikel ini berguna...

Ikuti kami di media sosial!

Contributor
Comments to: 6 Cara Jitu Menghemat Uang Ketika Memulai Bisnis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.