fbpx

Maju atau stagnannya sebuah perusahaan serta perkembangan suatu perusahaan bisa diketahui dari laporan laba rugi perusahaan yang bersangkutan. Karena itu bagi suatu perusahaan, cara menghitung laba rugi wajib menjadi suatu ilmu yang dimiliki setiap perusahaan.

Perusahaan yang sehat adalah perusahaan yang mengetahui setiap bulannya perusahaan yang dirintis dan dikembangkannya tersebut mengalami kerugian atau keuntungan. Jika memang owner tidak memiliki keterampilan dan kemampuan dalam penghitungan laba rugi, maka harus ada pihak yang ditugaskan secara khusus untuk menganalisis dan menghitung laba rugi perusahaan yang bersangkutan.

Informasi laba rugi perusahaan sangat penting tidak hanya untuk pemilik, melainkan juga untuk investor dan merek. Berikut informasi selengkapnya untuk Anda!

5 Alasan Pentingnya Margin Kotor Bagi Investor

Menjadi acuan untuk mengembangkan perusahaan

Dengan Anda sebagai pemilik usaha melihat dan mengamati laporan laba rugi yang didapatkan dengan cara menghitung laba bersih atau laba kotor di akhir bulan, maka perusahaan bisa mengantisipasi pengeluaran yang dirasa tidak penting.

Jika memang ada pengeluaran yang sifatnya mendesak dan penting untuk operasional perusahaan, maka pengeluaran tersebut yang harus didahulukan. Akan tetapi jika pengeluaran tidak begitu mendesak, maka pengeluaran tersebut bisa dikesampingkan.

Hal ini tentu saja menjadi suatu aspek yang sangat penting dalam menghindari terjadinya potensi kerugian yang sangat besar karena perusahaan memiliki tujuan dalam pengembangan usaha.

Dalam mengembangkan perusahaan, juga diperlukan suatu keahlian dalam upaya peningkatan pendapatan atau laba perusahaan dari bulan ke bulan. Nah, salah satu manfaat dari adanya laporan laba rugi adalah untuk hal tersebut.

Menjadi bahan untuk melakukan evaluasi atas kinerja perusahaan

Laporan laba rugi bulan sebelumnya dapat menjadi acuan untuk mengembangkan usaha di masa yang akan datang. Laporan laba rugi bulan sebelumnya juga turut menjadi ajang untuk melakukan evaluasi bagi perusahaan.

Dari laporan laba rugi di bulan sebelumnya tersebut, pemilik usaha akan tahu apakah jika usaha diteruskan dengan cara seperti itu akan laba atau justru rugi di masa yang akan datang. Nah, jika memang ada potensi kerugian harus ada cara lain atau strategi lain dalam pengembangan usaha.

Hal tersebut sangat penting karena jika suatu perusahaan mengalami kerugian secara terus menerus maka bisa jadi akan terjadi suatu pemutusan hubungan kerja kepada karyawan karena kondisi perusahaan yang mengalami naik turun dalam menghadapi berbagai macam persaingan dan tekanan.

Laporan laba rugi juga penting bagi investor karena dengan adanya laporan tersebut jika memang ada potensi rugi dari perusahaan dan menjadikan investor bukannya untung malah buntung, maka laporan tersebut bisa menjadi dasar bagi investor untuk menarik saham investasinya.

Laporan laba rugi harus dibuat secara cermat, dan hati – hati karena investor menjadikan hal tersebut sebagai acuan untuk menentukan langkahnya. Akankah melanjutkan kerjasama atau malah memutuskan kerjasama.

Laporan laba rugi juga menjadi gambaran profil perusahaan. Suatu perusahaan akan mendapatkan penilaian sebagai perusahaan yang sehat atau sakit dilihat dari laporan laba ruginya.   

Sebagai acuan bagi investor untuk melihat resiko

Fungsi dari pencatatan laba rugi perusahaan tentu untuk melihat apa saja resiko perusahaan yang akan di hadapi ke depannya. Apakah akan ada potensi kerugian atau potensi keuntungan. Jika ada potensi keuntungan maka harus ada langkah lain untuk mengembangkan potensi tersebut agar keuntungan yang didapatkan semakin berlipat ganda.

Sementara jika harus ada kerugian, dengan cara menghitung laba kotor yang tepat maka bisa diketahui bagaimana cara yang bisa diterapkan untuk mengantisipasi kerugian yang mungkin terjadi di masa yang akan datang.

Setiap pelaku usaha tentunya harus tahu, paham dan menyadari bahwa pada masing – masing usaha yang dijalankan akan selalu ada yang namanya resiko. Namun resiko dalam setiap usaha yang paling penting adalah dengan meminimalisir resiko yang mungkin bisa terjadi tanpa diduga – duga sebelumnya.

Jika memang resiko kerugian yang dihadapi mengharuskan untuk suatu perusahaan menjual beberapa asetnya, maka hal tersebut perlu dilakukan. Namun jika memang resiko yang dihadapi tidak terlalu besar dan masih berpotensi untuk mendapatkan pinjaman modal usaha, maka mencari pinjaman bisa dicoba.

Pinjaman modal usaha sendiri sekarang ini hadir dalam berbagai macam jenis. Bahkan pinjaman online yang ditujukan untuk menjalankan usaha hadir dalam kapasitas pinjaman yang besar bahkan mencapai 20 juta rupiah sampai dengan 500 juta rupiah.

Menjadi alat untuk perusahaan menganalisa strateginya

Didalam menjalankan suatu perusahaan, tentu saja ada suatu strategi khusus yang diterapkan. Hal tersebut menjadi sangat penting dalam mengetahui seberapa berhasilnya strategi khusus yang dijalankan.

Semua itu akan terlihat dari seberapa besar laba yang dihasilkan. Semakin besar laba yang dihasilkan bisa jadi hal tersebut menandakan bahwa suatu strategi berhasil dijalankan sehingga memberikan potensi keuntungan yang sangat besar.

Namun sebaliknya jika laba yang didapatkan kecil atau malah mengalami kerugian, maka harus ada yang diubah di bulan berikutnya pada strategi yang dijalankan perusahaan entah itu pada strategi marketing, strategi diskon, strategi penentuan harga atau yang lainnya.

Jika memang harus ada strategi baru, maka strategi baru harus dikonsep sebaik mungkin agar hal yang sama dengan sebelumnya tidak kembali terjadi pada strategi baru yang dipilih.

Laba rugi menjadi tolak ukur perusahaan

Laporan laba rugi perusahaan memang menjadi suatu indikator atau tolak ukur perusahaan untuk tetap bekerja lebih baik untuk para karyawan. Hal tersebut penting agar perusahaan bisa berkembang jauh lebih baik ke depannya.

Tolak ukur dari laporan laba rugi tersebut akan memacu kinerja untuk bersemangat dalam bersaing dengan perusahaan lain yang bergerak pada bidang yang sama. Bahkan ketika ingin mengajukan pinjaman di bank, laporan laba rugi biasanya akan diminta sebagai analisa dari pihak bank untuk memberikan pinjaman atau tidak dan menentukan besarnya pinjaman yang akan diberikan.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Klik pada bintang untuk memberi rating!

Nilai rata-rata 5 / 5. Jumlah vote: 1

Karena menurut Anda artikel ini berguna...

Ikuti kami di media sosial!

Contributor
Comments to: 5 Alasan Pentingnya Tingkat Margin Kotor Usaha Anda di Mata Investor

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.