fbpx

Ada puluhan juta bisnis di Indonesia, termasuk yang sudah sangat besar—namun masih merugi. Usaha-usaha ini diperkirakan akan mengalami kerugian sampai mereka memiliki basis pelanggan setia yang mumpuni atau penawaran produk yang kuat. Tentu saja, mereka memiliki potensi untuk menjadi sangat menguntungkan setelah kondisi tertentu terpenuhi tetapi sementara itu belum terpenuhi, mereka perlu membakar uang—memutar modal untuk biaya pemasaran dan lain sebagainya. Model bisnis seperti ini mungkin tidak cocok untuk semua orang. Banyak dari kita tentu lebih suka memiliki bisnis yang dapat menghasilkan keuntungan bahkan sejak tahap awal. Lagipula, laba sangat penting—jika bukan yang paling utama—untuk bisnis apa pun. 

Prinsip menjalankan bisnis dengan arus kas positif sangat sederhana: total pendapatan harus selalu lebih besar dari total biaya keseluruhan yang dikeluarkan. Dan surplus yang terus diakumulasikan tersebut seiring berjalannya waktu akan membawa kita kepada titik impas, posisi dimana keuntungan yang kita peroleh sudah jauh lebih besar dari total modal yang kita tanamkan.

Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi beberapa ide bisnis yang menguntungkan dalam jangka waktu yang relatif lebih pendek. Ini adalah bisnis yang didasarkan pada penjualan produk atau layanan dengan harga yang lebih tinggi daripada biaya mempersiapkannya. Lebih penting lagi, kami juga akan mengeksplorasi beberapa langkah praktis bagi Anda untuk memulai bisnis Anda sendiri!

Toko Online atau Dropshipping, Apakah Menjadi Ide Bisnis yang Menguntungkan?

Dengan semakin luasnya masyarakat yang terpapar internet berkat mudahnya kepemilikan ponsel dan akses jaringan di masa sekarang, kita dapat mengambil keuntungan lewat berbisnis online. Di tahap awal, tidak perlu sampai memiliki brand sendiri. Untuk memulai, Anda bisa menjual produk yang dihasilkan pihak lain dahulu di sebuah marketplace (pasar online).

Peran marketplace amat krusial memudahkan setiap orang untuk mulai berdagang secara online, karena ia menawarkan keamanan bagi pembeli dan penjual dengan bertindak sebagai perantara. Tidak hanya itu, mereka juga menyediakan berbagai metode pembayaran dengan bermacam pilihan seperti transfer bank, kartu kredit, non tunai dan banyak lagi. Sehingga pembeli potensial dari berbagai kalangan dapat memilih cara bertransaksi yang mereka senangi. 

Jadi, Anda sebagai penjual hanya perlu memastikan stok barang selalu tersedia dan ditawarkan dengan harga terbaik, membuka toko di platform ini dan menjualnya dengan untung. Anda dapat menjual hampir apa saja secara online tetapi kategori barang yang lebih populer biasanya adalah produk mode fesyen, elektronik, peralatan rumah tangga, produk kesehatan dan kecantikan, serta makanan.

Jika Anda tidak punya banyak modal, Anda masih bisa mendirikan bisnis online dengan menjadi dropshipper. Dropshipper pada dasarnya adalah toko yang menjual produk yang dibeli dari pihak ketiga dan dikirim langsung ke pelanggan. Jadi, seorang dropshipper bahkan tidak perlu menangani urusan pengemasan produk dan dengan demikian tidak menghadapi risiko kepemilikan persediaan barang. 

Namun hati-hati, produk yang telah beredar cukup lama di pasaran akan membuat persaingan sesama dropshipper akan berujung pada perang harga yang tak menguntungkan siapapun. Mereka yang telah lebih berhasil, umumnya bertransisi menciptakan merek sendiri hingga mulai memproduksi barang juga.

Jika Anda ingin mulai berjualan secara online, pertama-tama Anda perlu memiliki pemasok handal yang dapat memberikan harga terbaik untuk pembelian secara borongan yang Anda lakukan. Ada banyak marketplace B2B (business-to-business) yang tersedia untuk menemukan supplier yang cocok. Seperti Bizzy, Ralali, dan Alibaba.

Anda juga perlu terus merawat toko online Anda selayaknya toko berbangunan fisik. Memperindah dengan tampilan yang menarik, tanggap merespon pelanggan, dan memperbarui penawaran dengan produk-produk terbaru. Sebagai inspirasi, perhatikan toko-toko lain yang menjual produk serupa.

Bingung mau memulai membuka toko online di marketplace mana? coba pantau dan bandingkan data pengunjung dan pengguna yang dihimpun iPrice disini dari 50 marketplace yang ada di Indonesia.

Mulai Merek Pakaian Anda sendiri

Ide bisnis yang menguntungkan lain dalam bentuk usaha online untuk dipertimbangkan adalah memiliki merek pakaian sendiri. Pakaian bisa dalam bentuk kaos atau bahkan gaun. Sangat bagus jika Anda memiliki kapasitas untuk menangani produksi sendiri seperti proses penjahitan, tetapi tak perlu khawatir, ada juga perusahaan pihak ketiga yang dapat membantu Anda dengan untuk bereskan masalah tersebut seperti Teespring untuk produk kaos. 

Jadi yang perlu Anda lakukan hanyalah fokus merancang dan memasarkan merek Anda. Gunakan sistem make-to-order atau pesan sampel dalam jumlah lusinan kecil dahulu untuk mengetahui respon pasar. Dengan demikian, bisnis Anda dapat berada di jalur profitabilitas yang tepat.

Pastikan Anda memiliki selera desain yang baik. Bila tak yakin, Anda dapat menyewa freelancer (yang juga dapat ditemukan di marketplace khusus pekerja lepas) untuk membantu Anda dalam proses rancang desain. Mengenai urusan pemasaran, Anda dapat memanfaatkan saluran media sosial populer untuk membangun merek Anda lewat komunitas digital. Kami sarankan untuk mulai dari Facebook dan Instagram, lalu coba media lainnya.

Jasa Laundry Cucian

Banyak orang memiliki semakin sedikit waktu untuk menyelesaikan pekerjaan rumah harian mereka, baik karena budaya kerja yang semakin kompetitif hingga menghabiskan waktu lebih banyak di kantor atau teralihkan kehidupan di dunia sosial yang memakan waktu. Ini jelas memberikan beberapa peluang ide bisnis yang menguntungkan di kawasan padat penduduk seperti perumahan umum atau apartemen. Bermodal pewangi dan setrika pakaian, Anda sudah bisa memulai.

Ada dua komponen utama dalam memulai bisnis laundry:

  • Memahami peralatan yang dibutuhkan
  • Mengidentifikasi area layanan yang menjanjikan

Peralatan yang diperlukan tergantung dari ceruk pelanggan potensial yang ingin Anda layani. Misalnya, laundry ekskluif untuk kawasan elit yang menarget profesional muda tentu memiliki serangkaian standar yang harus dipenuhi. Sementara jika hanya menyasar sekitaran kos-kosan mahasiswa, kebutuhan utama pelanggan Anda adalah harga yang terjangkau dan kecepatan proses layanan. Apapun itu, set peralatan yang baik setidaknya mencakup mesin cuci, pengering, dan alat setrika. 

Bagian penting lainnya adalah menentukan lokasi yang baik untuk membuka bisnis binatu Anda. Pertimbangkan potensi permintaan di daerah sekitar lingkungan tinggal. Jelas Anda ingin memilih suatu tempat yang ramai dan sering dilintasi pejalan atau moda transporasi, namun perhatikan pula berapa banyak pesain yang sudah hadir di sana.

Kafe / Restoran

Membuka kafe atau restoran adalah ide bisnis yang menguntungkan yang telah ada sejak dahulu kala, tetapi jangan ragukan potensinya, semua orang perlu makan dan ditambah pula di masa sekarang, kita suka memotret makanan untuk dibagikan di media sosial. 

Biarpun terlihat mudah, sebelum membuka kafe atau restoran, pelajari dengan seksama terkait selera, persaingan, dan menu Anda akan tawarkan.Konsumen selalu berubah selera sehingga kafe atau pemilik restoran yang cerdas harus selalu mengikuti tren dan memperbarui sajian menunya. 

Apakah orang lebih cenderung menyukai makanan sehat? Atau bisnis cepat saji sekarang sedang meningkat? Apakah kita perlu memiliki suasana dan interior kafe yang instagram-able agar dapat segera viral dan digandrungi konsumen milenial? Ini adalah pertanyaan yang harus dijawab pada fase perencanaan. Tentu saja Anda juga perlu mengetahui kondisi pesaingan di segmen tersebut saat ini, dan bagaimana menu Anda mampu menawarkan nilai berbeda dari mereka.

Tidak selesai disitu, rancang dengan matang konsep keseluruhan mulai dari sewa, renovasi, penempatan staf, pembelian peralatan, pajak, dan banyak lainnya.

daftar ide bisnis yang menguntungkan

Jadi, ini adalah beberapa ide bisnis yang menguntungkan yang dapat Anda pertimbangkan untuk memulai bisnis Anda sendiri. Langkah selanjutnya mungkin mempertimbangkan opsi untuk mengamankan modal Anda.

Sudah siap untuk mulai merancang proposal bisnis? baca artikel kami disini yuk untuk hindari kesalahan-kesalahan umum yang sering diperbuat oleh pelaku usaha baru.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Klik pada bintang untuk memberi rating!

Nilai rata-rata / 5. Jumlah vote:

Belum ada vote sejauh ini. Jadi yang pertama memberi tulisan ini rating!

Karena menurut Anda artikel ini berguna...

Ikuti kami di media sosial!

Comments to: 4 Ide Bisnis yang Menguntungkan dan Cara Memulainya

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.