fbpx

Buat Anda para pelaku bisnis tentu saja penting sekali untuk mengetahui dan memahami tentang apa saja kesalahan yang bisa merusak skor kredit bisnismu. Jika tidak bukan tidak mungkin bisnis yang Anda jalankan tersebut akan segera gulung tikar, alias mendapat kebangkrutan yang mungkin saja membuat Anda alami kerugian yang besar. Hal ini tentu saja bergantung sekali dengan berapa modal yang Anda keluarkan untuk kegiatan bisnis tersebut.

Karena ini merupakan bagian terpenting dari pencapaian kesuksesan dalam berbisnis, sebagai pelaku bisnis Anda diwajibkan untuk bisa membangun kelayakan kredit dari bisnis itu sendiri. Nilai kredit yang baik tentunya akan membawa banyak sekali keuntungan pada bisnis Anda. Misalnya saja seperti suku bunga yang rendah terhadap pinjaman modal usaha, kartu kredit bisnis, jalur kredit, dan pembiayaan pemasok.

10 Kesalahan Yang Dapat Merusak Skor Kredit Bisnis Anda dan Cara Menghindarinya

Kenyataannya, tidak semua pelaku bisnis punya skor kredit bisnis yang baik. Alasannya, bahkan sampai sekarang masih ada banyak sekali pebisnis yang sering melakukan kesalahan – kesalahan kecil pada saat menggunakan kartu kreditnya. Baik itu dilakukan secara sadar maupun tidak, tetapi yang pasti hal tersebut akan berpengaruh besar pada keberlangsungan bisnisnya.

Kesalahan kecil ini akan benar – benar merusak skor kredit bisnis Anda. Makanya melalui artikel ini akan kami informasikan lebih lengkapnya tentang 10 kesalahan yang dapat merusak skor kredit bisnis Anda dan cara menghindarinya. Mari di simak ulasan lengkapnya di sini!

Penandatanganan pinjaman untuk orang lain

Kesalahan tersebut dapat dipastikan akan membawa bencana bagi skor kredit bisnismu sendiri. Apalagi jika peminjam telah gagal untuk mematuhi semua persyaratan pelunasan pinjaman yang dilakukan. Baik itu untuk jenis pinjaman online atau yang lainnya, penting sekali agar Anda tidak mudah terpengaruh oleh hal ini.

Jika Anda memang ingin mendapatkan kesuksesan dalam berbisnis, itu artinya Anda harus lebih selektif lagi pada saat memutuskan siapa Anda bisa ikut menandatangani pinjaman orang lain. Bila perlu, silakan cari tahu juga sejarah dan kemampuan peminjam dalam kemampuan finansial mereka.

Terlalu menganggap remeh tanda peringatan masalah kredit Anda

Sebagai pebisnis, atau pelaku bisnis Anda tentu saja wajib memeriksa laporan kredit di setiap bulannya. Tujuannya, untuk memastikan bisnismu terbebas dari kesalahan – kesalahan yang dapat merugikan perusahaan. Jika Anda menunda – nunda untuk melakukan hal ini, tentu saja Anda akan semakin sulit lagi untuk mengoreksi beberapa kesalahan yang ada.

Dan yang demikian ini pastinya bisa merusak laporan Anda hingga merusak nilai kredit Anda. Tanda peringkatan lainnya yang membuat Anda harus segera melakukan tindakan, misalnya saja tentang kehilangan beberapa pembayaran, hal apa saja yang diperbolehkan untuk melakukan pembayaran mininum dan lain – lain.

Menutup rekening kredit lama

Pada dasarnya cari pinjaman dana tanpa jaminan untuk bisnis Anda tidaklah mudah seperti yang Anda bayangkan. Ada banyak sekali syarat – syarat yang mesti dipenuhi. Makanya jika Anda memutuskan untuk menutup rekening kredit lamamu untuk tujuan – tujuan tertentu, sangat disarankan sekali agar memikirkan ulang hal tersebut.

Karena tindakan ini sangat beresiko menurunkan nilai atau skor kredit bisnismu. Apalagi jika kartu kredit lamamu tersebut memiliki sejarah yang bagus, sehingga secara otomatis akan hapus semua jejak kredit bisnismu yang sudah memberikan kontribusi pada bisnis Anda.

Pembayaran tidak tepat waktu, alias terlambat

Untuk kesalahan yang berikut ini sepertinya juga sering sekali dilakukan oleh para pelaku bisnis. Tapi tahukah Anda bahwa hal tersebut sebetulnya jadi jaminan bahwasannya skor kredit bisnismu akan mencapai titik terendah baru. Jika sudah seperti ini maka akan mempengaruhi jalannya bisnis Anda kedepannya.

Nah, untuk menyelamatkan bisnismu dari peringkat kredit yang menurun ada baiknya semua jenis pembayaran yang diperlukan dari bisnisnya dibayar tepat pada waktunya.

Memaksimalkan kartu kredit bisnismu

Sebagian pebisnis berasumsi bahwasannya jika kita dapat memaksimalkan kartu kredit bisnis dengan baik, sudah pasti yang demikian tersebut tidak akan berdampak buruk pada peringkat penilaian kredit bisnisnya. Tapi faktanya ternyata lembaga kredit mengharapkan agar Anda menggunakan sebagian dari batas kredit bisnismu.

Biasanya seseorang hanya diperbolehkan menggunakan sekitar 30 persen dari batas kartu kredit mereka. Jika melampaui hal tersebut maka Anda akan alami masalah keuangan. Oh iya, terlepas dari hal tersebut untuk pencapaian kesuksesan dalam berbisnis penting sekali bagi Anda untuk mengetahui cara menghitung keuntungan, atau pun cara menghitung laba bersih yang didapatkan oleh perusahaan Anda.

Gagal dalam memanfaatkan pinjaman bisnis Anda

Kesalahan lain yang juga bisa merusak kredit bisnismu adalah gagal dalam penggunaan kredit bisnis Anda. Yang demikian ini biasanya dikarenakan Anda sebagai pelaku bisnis butuh sejarah kredit yang baik untuk membangun nilai kredit Anda. Selain itu Anda juga butuh setidaknya satu transaksi per bulannya untuk kemudian dilaporkan ke agen pelaporan kredit bisnis.

Hal tersebut tentu saja bertujuan utuk memastikan peringkat kreditmu menunjukkan bahwasannya Anda sudah membayar tepat pada waktunya setiap bulan. Sehingga dengan demikian nilai kreditmu akan meningkat.

Membagikan nomor kartu kredit ke banyak orang

Kesalahan yang berikut ini pada dasarnya sangat fatal sekali jika Anda lakukan. Kenapa demikian? Sebab, yang demikian tersebut bisa sebabkan pencurian identitas.

Bahkan yang demikian tersebut bisa dibilang sebagai scammers yang benar – benar bisa membahayakan nilai kredit bisnismu. Misalnya saja dengan adanya transaksi yang tidak sah tanpa sepengetahuan Anda. Bukan tidak mungkin, beberapa bisa saja menggunakan kartu kreditmu untuk membeli barang – barang yang hanya mereka ketahui. Jika hal ini terjadi, Anda harus segera menghubungi penerbit dari kartu kredit Anda.

Hanya mementingkan poin reward dari penggunaan kartu kredit

Apabila Anda memang akan menggunakan kartu kreditmu tersebut untuk tujuan yang tidak dimaksudkan, maka penting sekali untuk diingat bahwa Anda hanya akan menaikkan rasio penggunaan Anda saja. Selain itu, Anda juga sangat disarankan sekali untuk tidak menggunakan kartu kredit bisnismu dengan mengejar poin reward saja. Kecuali jika Anda benar – benar yakin akan bisa mengimbangi saldo di akhir bulan.

Terlalu sering membuka pengajuan pinjaman baru

Apabila Anda berpikir bahwa punya rekening kredit baru di setiap saat adalah hal baik, itu salah besar. Anda seharusnya tidak melakukan hal ini dan tidak menjadi korban setiap perusahaan kartu kredit. Membuka yang terlalu banyak akun dalam waktu singkat hanya akan membawa nilai kredit bisnismu menurun, baik itu Anda sukai atau pun tidak sukai.

Untuk menghindarinya, langkah terbaik yang bisa Anda lakukan adalah menandai penawaran kartu kredit sebagai sampah. Dengan begitu Anda pun tidak akan pernah tergoda untuk membacanya kapan saja.

Meluangkan waktu cukup lama saat belanja untuk mendapat tarif terbaik

Tidak hanya akan menurunkan nilai kredit Anda, tetapi hal ini juga akan sangat merugikan bisnismu. Makanya penting sekali bagi pelaku bisnis untuk berbelanja hipotek, pinjaman usaha, pinjaman pelajar, dan lain – lain dalam jangka waktu yang lebih singkat. Sangat disarankan sekali agar Anda berbelanja dengan harga terbaik, dan silakan ambil waktu yang lebih singkat.

Selain itu ada hal lain yang juga penting sekali untuk Anda tahu pada saat menjalankan sebuah bisnis, misalnya saja cara menghitung keuntungan dalam berdagang. Dengan begitu Anda akan tahu apa bisnis yang Anda jalankan tersebut dapatkan keuntungan atau justru alami kerugian. Sehingga Anda bisa tahu juga hal apa yang harus Anda lakukan kedepannya untuk memberikan segalanya yang terbaik bagi bisnismu.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Klik pada bintang untuk memberi rating!

Nilai rata-rata / 5. Jumlah vote:

Belum ada vote sejauh ini. Jadi yang pertama memberi tulisan ini rating!

Karena menurut Anda artikel ini berguna...

Ikuti kami di media sosial!

Contributor
Comments to: 10 Kesalahan Yang Dapat Merusak Skor Kredit Bisnis Anda dan Cara Menghindarinya

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.